Monitor Tetap Mati Setelah Sleep

Pengunjung setia Kupasabis.Wordpress.com, materi yang dishare kali ini tentang perihal sepele yang baru saya alami. Yakni “Monitor tidak dapat menampilkan apapun tiap kali komputer dalam keadaan Sleep Mode”.

Jika ada yang belum paham dimaksud kondisi “SleepMode” maka berikut ini penjelasannya. Sleep mode adalah fitur menghemat listrik yang digunakan jika ingin meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Ketika sebuah komputer memasuki Sleep mode, maka komputer Anda akan berhenti memproses data. Data aktivitas komputer disimpan di dalam memori, untuk digunakan lagi jika Anda membutuhkan.

Setelah itu komputer akan menurunkan penggunaan daya seminimal mungkin, hanya pada bagian kritis seperti memori dan prosessor saja. Itulah sebabnya pada saat dalam kondisi sleep, monitor Anda akan gelap. Dalam kondisi ini, sebenarnya komputer Anda masih “Hidup atau ON”. Ini dapat dilihat pada indikator power di CPUyang masih menyala atau berkedip.

Nah permasalahan yang saya alami adalah ketika komputer dalam kondisi “Sleep Mode” , monitor menjadi gelap namun setelah diaktifkan monitor masih tetap saja gelap.

Kenapa bisa demikian ?

Dan setelah saya trace ternyata semua baik-baik saja. Yakni tidak ada file yang corrupt, hardware error, atau driver error. Semua hardware dan driver telah terinstall dan terpasang dengan baik.

Setelah dilakukan investigasi, karena permasalahannya di monitor maka insting ini langsung tertuju pada Driver VGA yang terinstall di computer. Ternyata memang betul adanya. Driver VGA Nvidia yang terinstal di komputer bukan driver bawaan dari Nvidia melainkan bawaan dari Windows 7. Sedang banyak issue mengatakan bahwa driver bawaan Windows banyak memiliki bug.

So… langsung saja download ulang driver VGA yang telah terpasang di situs resminya Nvidia. Alhasil setelah dilakukan uninstall driver kemudian install ulang lagi driver VGA, Alhamdulillah semua problem/permasalahan terpecahkan.

Singkatnya jika terdapat komputer dengan kasus yang hamper mirip dengan saya, Insyaallah hal tersebut dikarenakan driver VGA nya yang kurang tepat.

Salam Sukses Sahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: